PENDIDIKAN SEUMUR
HIDUP
“ Observasi
di Lembaga Pendidikan ALFABANK Semarang ”
Disusun
Oleh :
Kelompok
1
Danang Oky Nurrahman ( 1201413001 )
Adhe Mella Vitriani ( 1201413009 )
Nur Inayah (
1201413034 )
Lilis Andriyani (
1201413039 )
Isnaeni Pangestika ( 1201413043 )
PENDIDIKAN
LUAR SEKOLAH
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
SEMARANG
TAHUN 2013
KATA PENGANTAR
Puji
dan Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan
rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat
waktu dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah pendidikan seumur hidup yang berjudul “ Observasi di Lembaga
Pendidikan ALFABANK Semarang”.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua
pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Kami menyadari bahwa
masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu, tidak
menutup kesempatan bagi pembaca yang hendak memberi kritik dan saran berkenaan
dengan makalah ini.
Akhir
kata, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Semarang,
23 Oktober 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL.....................................................................................................
|
1
|
LAPORAN
PENGESAHAN........................................................................................
|
2
|
KATA
PENGANTAR...................................................................................................
|
3
|
DAFTAR ISI.................................................................................................................
|
4
|
BAB I
PENDAHULUAN
|
|
a)
Latar Belakang.............................................................................................
|
5
|
b)
Rumusan
Masalah........................................................................................
|
5
|
c)
Tujuan.........................................................................................................
|
5
|
d)
Manfaat........................................................................................................
|
5
|
BAB II
PEMBAHASAN
|
|
a)
Profil Lembaga
Pendidikan ALFABANK..................................................
|
6
|
b)
Visi dan Misi Lembaga
Pendidikan ALFABANK......................................
|
6
|
c)
Nama
Lembaga............................................................................................
|
7
|
d)
Jadwal
Kegiatan...........................................................................................
|
7
|
e)
Jumlah
Warga Belajar..................................................................................
|
7
|
f)
Jumlah
Tutor................................................................................................
|
7
|
g)
Fasilitas........................................................................................................
|
7
|
h)
Prestasi
Lembaga.........................................................................................
|
7
|
i)
Cara
memperoleh sertifikat
|
7
|
j)
Hambatan Kegiatan.....................................................................................
|
7
|
k)
Bukti
Prestasi Lembaga...............................................................................
|
7
|
BAB III
PENUTUP.......................................................................................................
|
8
|
LAMPIRAN..................................................................................................................
|
BAB 1
PENDAHULUAN
a) Latar
Belakang
Microsoft office merupakan hal yang menjadi salah satu
keterampilan dalam sebuah profesi. Maka dari itu perlu dipelajari dan
diaplikasikan. Dewasa ini sudah menajdi kebutuhan masyarakat khususnya yang
bekerja di sebuah lembaga untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer. Dan kami
disini akan membahas terkait dengan mcrosoft office dengan judul “ Observasi di
Lembaga Pendidikan ALFABANK Semarang”. Semoga dapat bermanfaat.
b)
Rumusan Masalah
a.
Kapan Alfabank
didirikan?
b.
Apa saja kursus
di Alfabank?
c.
Dimana saja
cabang Alfabank?
d.
Bagaimana cara
belajarnya?
c)
Tujuan
a.
Melengkapi tugas
Pendidikan Seumur Hidup
b.
Mengetahui
manfaat dari kursus komputer
c.
Menjelaskan cara
belajar
d.
Mendeskripsikan
lembaga non formal
d)
Manfaat
Dapat mengetahui
keunggulan dan kelemahan lembaga pendidikan Alfabank, cara pembelajaran dan
bisa mengetahui prestasi yang ernah diperoleh.
BAB II
PEMBAHASAN
a)
Profil
Lembaga Pendidikan ALFABANK
ALFABANK berdiri pada tahun 1994.
Memperoleh status terakreditasi tingkat A oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
provinsi Jawa Tengah pada tahun 2000. ALFABANK ditunjuk oleh Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan provinsi Jawa Tengah untuk menjadi wakil tim perumusan kurikulum
nasional pendidikan bidang komputer, perbankan di Bogor. Tahun 2007 diadakan
lomba antar lembaga komputer se-Jawa Tengah dan ALFABANK Semarang berhasil
menjadi juara pertama lembaga komputer di tingkat provinsi Jawa Tengah. Dan
saat ini diajukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Jawa Tengah
untuk mengikuti lomba kursus dan pelatihan berprestasi tingaka nasional tahun
2007 pada kategori lomba informasi teknologi dan komunikasi. Adapun
prestasi-prestasi yang telah diperoleh saat ini, antara lain dipercaya oleh
intstansi-instansi pemerintah dan swasta untuk meningkatkan kualitas Sumber
Daya Manusia pada bidang komputer. Pada bulan Januari 2002 dan September 2002,
ALFABANK memmperoleh penghargaan oleh SCSI untuk kategori lembaga berpelayanan
terbaik I. Sampai saat ini telah meluluskan sejumlah 56.785 peserta didik. Atas
inisiatif dan dukungan alumni ALFABANK, ALFABANK mendirikan program D3 dengan
nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer AMIK Jakarta Teknologi Cipta
(JTC)
b)
Visi
dan Misi Lembaga Pendidikan ALFABANK
Visi:
Menjadikan lembaga pendidikan yang unggul dan pilihan
dan terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan dalam
menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, erampildan bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa
Misi:
·
Mempersiapkan tenaga
terampil yang siap pakai berdasrakantingkatan keterampilan bidang pendidikan
yang diikuti dalam waktu singkat.
·
Membentuk Sumber Daya
Manusia yang berjiwa kewirausahaan dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
·
Menjdi Lembaga
Pendidikan yang dapat dijadikan sebagai pilot project dalam bidang komputer
yang ada di indonesia dan memiliki kualitas lulusan yang bertaraf internasional
c) Nama
Lembaga
Nama lembaga pendidikan: ALFABANK yang beralamat di jalan Kelud Raya
19F Sampangan, Semarang. Bergerak dalam pelayanan pendidikan bidang
keterampilan komputer dan bahasa inggris. ALFABANK mempunyai cabang di
Yogyakarta dan Solo.
d) Jadwal
Kegiatan
LPK Alfabank Semarang buka setiap hari Senin
sampai Sabtupada pukul 07.00-09.00 itu pada waktu pagi dan 11.30-13.30 pada
waktu siang.
e) Jumlah
Warga Belajar
Untuk keterampilan office, ada 17 orang per
kelas, sedangkan di Alfabank terdpat 2 kelas untuk office
f) Jumlah
Tutor
Jumlah tutor di lembaga pendidikan ALFABANK
untuk keterampilan Microsoft Office ada 7 tutor
g)
Fasilitas
·
Ruang lab
ber-AC
·
Parkir
sangat luas
·
Sertifikat
·
Modul
·
Internet
on line
·
Area hot
spot
·
Anjungan
internet mandiri
h) Prestasi
Lembaga
Terakreditasi
A : No. 04760/I 03. 10/MS/2000
Pengahrgaan
SCSI : Solo Customer Satisfaction
index
Software
Legal Microsoft Campuss Agreement
penghargaan sebagai lembaga pendidikan terbaik
se Indonesia pada tahun 2009
i)
Cara memperoleh sertifikat
Cara untuk mendapatkan sertifikat pelatihan
Microsoft Office, yaitu hadir minimal 75% dari 27 kali pertemuan, dan disetiap
9 kali pertemuan diadakan ujian. Adapun kriteria penilaiannya sebagai berikut:
·
>96 : Amat Baik
·
80-95 : Baik
·
70-79 : Cukup
Peserta didik dinyatakan lulus jika mendapatkan
nilai A dan B, jika tidak lulus, peserta didik megulang ujian.
j) Hambatan
Kegiatan
·
Berbagai
kriteria peserta didik sehingga berbeda kemampuan dan pendapat
·
Kadangkala
ada Staaf pengajar yang berhalangan hadir
k) Bukti
Prestasi Lembaga
Terlampir
BAB III
PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkanmengenai materi yang
menjadi pokok bahasan dalam laporan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan
kelemahannya, karena keterbatasan pengetahuan dan kurangnya rujukan atau
referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Sekian penutup dari kami semoga berkenan di hati dan
kami memberikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.
LAMPIRAN
0 komentar:
Posting Komentar