Minggu, 12 Januari 2014

Tugas 1 - Observasi LP

MAKALAH
PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP
Observasi di Lembaga Pendidikan ALFABANK Semarang

Disusun Oleh :
Kelompok 1
Danang Oky Nurrahman     ( 1201413001 )
Adhe Mella Vitriani              ( 1201413009 )
Nur Inayah                            ( 1201413034 )
Lilis Andriyani                      ( 1201413039 )
Isnaeni Pangestika                ( 1201413043 )


PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2013




KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah pendidikan seumur hidup yang berjudul “ Observasi di Lembaga Pendidikan ALFABANK Semarang”.
Penulis mengucapkan terima kasih  kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu, tidak menutup kesempatan bagi pembaca yang hendak memberi kritik dan saran berkenaan dengan makalah ini.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Semarang, 23 Oktober 2013
Penulis








DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.....................................................................................................
1
LAPORAN PENGESAHAN........................................................................................
2
KATA PENGANTAR...................................................................................................
3
DAFTAR ISI.................................................................................................................
4
BAB I PENDAHULUAN

a)      Latar Belakang.............................................................................................
5
b)      Rumusan Masalah........................................................................................
5
c)      Tujuan.........................................................................................................
5
d)     Manfaat........................................................................................................
5
BAB II PEMBAHASAN

a)      Profil Lembaga Pendidikan ALFABANK..................................................
6
b)      Visi dan Misi Lembaga Pendidikan ALFABANK......................................
6
c)      Nama Lembaga............................................................................................
7
d)     Jadwal Kegiatan...........................................................................................
7
e)      Jumlah Warga Belajar..................................................................................
7
f)       Jumlah Tutor................................................................................................
7
g)      Fasilitas........................................................................................................
7
h)      Prestasi Lembaga.........................................................................................
7
i)        Cara memperoleh sertifikat
7
j)        Hambatan Kegiatan.....................................................................................
7
k)      Bukti Prestasi Lembaga...............................................................................
7
BAB III PENUTUP.......................................................................................................
8
LAMPIRAN..................................................................................................................
9





BAB 1
PENDAHULUAN
a)      Latar Belakang
Microsoft office merupakan hal yang menjadi salah satu keterampilan dalam sebuah profesi. Maka dari itu perlu dipelajari dan diaplikasikan. Dewasa ini sudah menajdi kebutuhan masyarakat khususnya yang bekerja di sebuah lembaga untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer. Dan kami disini akan membahas terkait dengan mcrosoft office dengan judul “ Observasi di Lembaga Pendidikan ALFABANK Semarang”. Semoga dapat bermanfaat.
b)     Rumusan Masalah
a.       Kapan Alfabank didirikan?
b.      Apa saja kursus di Alfabank?
c.       Dimana saja cabang Alfabank?
d.      Bagaimana cara belajarnya?
c)      Tujuan
a.       Melengkapi tugas Pendidikan Seumur Hidup
b.      Mengetahui manfaat dari kursus komputer
c.       Menjelaskan cara belajar
d.      Mendeskripsikan lembaga non formal
d)     Manfaat
Dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan lembaga pendidikan Alfabank, cara pembelajaran dan bisa mengetahui prestasi yang ernah diperoleh.







                                              


BAB II
PEMBAHASAN

a)      Profil Lembaga Pendidikan ALFABANK
ALFABANK berdiri pada tahun 1994. Memperoleh status terakreditasi tingkat A oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Jawa Tengah pada tahun 2000. ALFABANK ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Jawa Tengah untuk menjadi wakil tim perumusan kurikulum nasional pendidikan bidang komputer, perbankan di Bogor. Tahun 2007 diadakan lomba antar lembaga komputer se-Jawa Tengah dan ALFABANK Semarang berhasil menjadi juara pertama lembaga komputer di tingkat provinsi Jawa Tengah. Dan saat ini diajukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti lomba kursus dan pelatihan berprestasi tingaka nasional tahun 2007 pada kategori lomba informasi teknologi dan komunikasi. Adapun prestasi-prestasi yang telah diperoleh saat ini, antara lain dipercaya oleh intstansi-instansi pemerintah dan swasta untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pada bidang komputer. Pada bulan Januari 2002 dan September 2002, ALFABANK memmperoleh penghargaan oleh SCSI untuk kategori lembaga berpelayanan terbaik I. Sampai saat ini telah meluluskan sejumlah 56.785 peserta didik. Atas inisiatif dan dukungan alumni ALFABANK, ALFABANK mendirikan program D3 dengan nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer AMIK Jakarta Teknologi Cipta (JTC)

b)     Visi dan Misi Lembaga Pendidikan ALFABANK
Visi:
Menjadikan lembaga pendidikan yang unggul dan pilihan dan terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan dalam menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, erampildan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Misi:
·         Mempersiapkan tenaga terampil yang siap pakai berdasrakantingkatan keterampilan bidang pendidikan yang diikuti dalam waktu singkat.
·         Membentuk Sumber Daya Manusia yang berjiwa kewirausahaan dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
·         Menjdi Lembaga Pendidikan yang dapat dijadikan sebagai pilot project dalam bidang komputer yang ada di indonesia dan memiliki kualitas lulusan yang bertaraf internasional

c)      Nama Lembaga
Nama lembaga pendidikan:  ALFABANK yang beralamat di jalan Kelud Raya 19F Sampangan, Semarang. Bergerak dalam pelayanan pendidikan bidang keterampilan komputer dan bahasa inggris. ALFABANK mempunyai cabang di Yogyakarta dan Solo.
d)     Jadwal Kegiatan
LPK Alfabank Semarang buka setiap hari Senin sampai Sabtupada pukul 07.00-09.00 itu pada waktu pagi dan 11.30-13.30 pada waktu siang.
e)      Jumlah Warga Belajar
Untuk keterampilan office, ada 17 orang per kelas, sedangkan di Alfabank terdpat 2 kelas untuk office
f)       Jumlah Tutor
Jumlah tutor di lembaga pendidikan ALFABANK untuk keterampilan Microsoft Office ada 7 tutor
g)      Fasilitas
·         Ruang lab ber-AC
·         Parkir sangat luas
·         Sertifikat
·         Modul
·         Internet on line
·         Area hot spot
·         Anjungan internet mandiri
h)     Prestasi Lembaga
Terakreditasi A           : No. 04760/I 03. 10/MS/2000
Pengahrgaan SCSI      : Solo Customer Satisfaction index
Software Legal Microsoft Campuss Agreement
penghargaan sebagai lembaga pendidikan terbaik se Indonesia pada tahun 2009
i)        Cara memperoleh sertifikat
Cara untuk mendapatkan sertifikat pelatihan Microsoft Office, yaitu hadir minimal 75% dari 27 kali pertemuan, dan disetiap 9 kali pertemuan diadakan ujian. Adapun kriteria penilaiannya sebagai berikut:
·         >96                  : Amat Baik
·         80-95               : Baik
·         70-79               : Cukup
Peserta didik dinyatakan lulus jika mendapatkan nilai A dan B, jika tidak lulus, peserta didik megulang ujian.
j)       Hambatan Kegiatan
·         Berbagai kriteria peserta didik sehingga berbeda kemampuan dan pendapat
·         Kadangkala ada Staaf pengajar yang berhalangan hadir
k)     Bukti Prestasi Lembaga
Terlampir

BAB III
PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkanmengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam laporan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena keterbatasan pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Sekian penutup dari kami semoga berkenan di hati dan kami memberikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.

















LAMPIRAN









0 komentar:

Posting Komentar